09102018

Depok – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM menggelar kegiatan Pembukaan Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Calon Pejabat Fungsional Pembimbing Kemasyarakatan Angkatan VII. Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Mardjoeki pada pagi ini (09/10/2018) di Guest House.

Peran pembimbing kemasyarakatan yaitu melakukan penelitian terkait antara lain latar belakang melakukan tindak pidana, potensi pelaku melakukan tindak pidana, kondisi keluarga baik pelaku maupun korban dan kondisi lingkungan masyarakat, menjadi bahan pertimbangan atau rekomendasi bagi hakim dalam menjatuhkan pidana.

Dengan kompleksnya tugas pembimbing kemasyarakatan dibutuhkan sosok petugas yang memiliki kapabilitas dan profesionalisme yang tinggi. Sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme pembimbing kemasyarakatan dalam menjalankan tugas dan fungsinya maka perlu dilaksanakan pendidikan dan pelatihan fungsional pembimbing kemasyarakatan yang diselenggarakan oleh BPSDM Hukum dan HAM.

Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Mardjoeki dalam sambutannya menyampaikan bahwa mengikuti kegiatan diklat ini bukan menjadi jaminan untuk diangkat menjadi pejabat fungsional tertentu karena untuk diangkat menjadi fungsional tertentu harus lulus ujian kompetensi tetapi melaui kegiatan diklat ini peserta menjadi lebih siap untuk menghadapi ujian kompetensi.

“Melalui kegiatan ini yang berlangsung selama 19 hari kedepan peserta diklat nantinya akan lebih siap menghadapi ujian kompetensi daripada peserta yang belum mengikuti diklat, selain itu diharapkan peserta akan memiliki predikat lulus kompetensi dan diangkat menjadi pejabat fungsional. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat mencetak pembimbing kemasyarakatan yang berkualitas, kompeten, professional dan berintegritas dalam melaksanakan tugas sebagai penegak hukum” ujarnya.

Sebelumnya Kepala Bidang Penyeleggaraan, Mamur Saputra dalam laporannya diklat pembimbing Kemasyarakatan dilaksanakan dengan menggunakan 6 metode diklat yaitu kuliah/ceramah, diskusi, kunjungan, pre dan post tes, ujian serta assessment. Kegiatan ini diikuti oleh 40 orang peserta dan akan dilaksanakan selama 19 hari dimulai pada tanggal 8 sampai dengan 26 Oktober 2018.

09102018A

09102018B