05102018x

DEPOK – Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan HAM menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan Pengawasan Orang Asing Tahun Anggaran 2018 yang bertempat di Kelas F (5/10/2018).

Perlu kita ketahui bersama bahwa Keimigrasian merupakan institusi yang pertama dan terakhir yang menyaring kedatangan dan keberangkatan orang asing ke dan dari wilayah NKRI . Imigrasi tidak hanya melayani masyarakat dalam hal pemberian paspor tetapi juga berfungsi sebagai penegak hukum keamanan negara dan fasilitator pembangunan.

Dalam sambutannya Kepala BPSDM Hukum dan HAM, Mardjoeki menjelaskan menurut Peraturan Menteri Hukum dan HAM No 4 Pasal 1 tentang Tata Cara Pengawasan Keimigrasian. yang terdiri atas pengawasan administratif maupun pengawasan lapangan, baik bagi warga negara indonesia maupun orang asing.

Lebih lanjut dijelaskan pengawasan tersebut guna untuk mengumpuilkan data dan informasi, menganalisa dan menentukan apakah keberadaan orang asing sejak masuknya diwilayah Indonesia dan kegiatannya telah sesuai dengan norma-norma yang berlaku.

“ Kami berharap kepada seluruh peserta mengikuti proses pembelajaran Diklat Pengawasan Orang Asing ini dengan penuh dedikasi dan kesungguhan dan melalui kegiatan ini dapat memberikan dampak positif bagi kemajuan Kementerian Hukum dan HAM” Ungkapnya.

Sementara itu dalam laporannya Kepala Bidang Penyelenggaraan, Jusman melaporkan bahwa kegiatan tersebut diikuti sebanyak 30 orang peserta. Yang berasal dari kantor wilayah Kementrian Hukum dan HAM DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Riau, Kep. Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kep. Bangka Belitung, Bengkulu, Jawa Tengah, D.I.Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Bali, Nusa Tenggara Barat.

05102018x1

05102018x2